10 Peringkat Grup Musik Korea Selatan

Kamis, 29 Juni 2017 - 13:20 WIB
10 Peringkat Grup Musik Korea Selatan
10 Peringkat Grup Musik Korea Selatan
A A A
SEOUL - Korea memiliki banyak kelompok vokal musik bertalenta. Hal ini membuat musik Korea Selatan selalu diminati dan disukai oleh beberapa negara. Beberapa boy band dan girl band papan atas Korea Selatan memiliki basis penggemar di beberapa negara.

Fans inilah yang membuat mereka berada di puncak popularitas. Dalam hal ini, BTS menjadi kelompok vokal musik dengan fans yang paling banyak. Boy band yang memiliki nama asli Bangtan Boys ini berada di peringkat satu sebagai kelompok musik yang memiliki penggemar banyak di beberapa negara.

Berdasarkan data dari fancafe pada pertengahan Mei, berikut 10 Kelompok vokal musik teratas di Korea Selatan :

1. BTS
Bangtan Boys atau yang biasa di kenal BTS ini memilik penggemar sebanyak 452 ribu orang. Fans tersebut telah terdata resmi dalam fancafe. Penggemar tersebut dari beberapa negara. Dan paling banyak di Amerika serta Eropa. Pasalnya, musik BTS yang beraliran RNB ini menyedot banyak penggemar di belahan dunia. Termasuk Indoensia yang juga memikiki fans banyak.

2. TVXQ
Boy Band yang memiliki nama asli Tohoshinki ini merupakan kelompok vokal senior di Korea Selatan. Meskipun tengah vakum dua tahun dikarenakan dua anggotanya tengah menjalani wajib militer tidak membuat fans mereka berkurang. Sebanyak 337 ribu fans yang telah terdaftar resmi di Fancafe. Apalagi, fans TVXQ banyak di Jepang dikarenakan Boy Band asuhan SM Entertainment ini memang terkenal di Jepang.

3. BEAST atau Highlight
Pindah ke agensi usai tidak memperpanjang kontrak dengan Cube Entertainment tidak membuat popularitas Boy Band Beast menurun. Kelompok vokal yang terdiri dari lima orang pria ini pun harus mengganti nama menjadi Highlight. Highlight pun memilik penggemar sebanyak 260 ribu yang telah terdaftar resmi di Fancafe. Mereka pun memiliki basos penggemar di Korea dan Jepang.

4. SNSD
Kelompok vokal wanita senior ini ternyata masih memiliki fans yang setia. Kedelapan anggota yang terdiri dari Taeyeon, Hyoyeon, Tiffany, Sunny, Yuri, Sooyoung, Yoona dan Seohyun ini memiliki jumlah penggemar sebanyak 236 ribu. Penggemar SNSD yang kebanyakan dari Jepang dan negara Eropa. Mengingat SNSD sangat aktif dalam mempromosikan musiknya. Hingga Mereka pun tengah bersiap untuk album terbaru mereka yang akan dirilis pada tahun ini.

5. Big Bang
Boy Band asuhan YG Entertainment ini memiliki penggemar sebanyak 223 ribu orang dari beberapa negara. Kebanyakan fans Big Bang berasal dari Jepang dan Amerika. Mengingat genre lagu mereka yang sangat disukai oleh Jepang dan Amerika. Tak heran, kelima anggota Big Bang memiliki popularitas di negeri sebrang.

6. INFINITE
INFINITE adalah boyband asal Korea Selatan di bawah label Woollim Entertainment, yang juga rumah bagi bakat lain seperti Lovelyz dan Nell. Kelompok ini terdiri
dari 7 anggota: Sunggyu, Dongwoo, Woohyun, Hoya, Sungyeol, L, dan Sungjong. Mereka dikenal karena tarian mereka sangat disinkronkan serta 'Scorpion Dance' mereka di MV "Before The Dawn". Dengan tahun 2011 sebagai tahun pelarian mereka, Infinite terus lanjut sampai akhirnya sukses dan mendapatkan popularitas lebih di antara kelompok lainnya di dua negara, Korea Selatan dan Jepang. Mereka pun memiliki penggemar sebanyak 206 ribu.

7. EXO
EXO adalah grup penyanyi pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011, grup ini debut pada tahun 2012 dengan 12 anggota yang terbagi menjadi dua subgrup, EXO-K dan EXO-M, dengan masing-masing subgrup tersebut menyanyikan lagu dalam bahasa Korea dan Mandarin.

EXO meraih puncak kepopuleran dengan dirilisnya album pertama mereka, XOXO (2013), yang menelurkan singel hit "Growl". XOXO sukses baik secara kritikal maupun komersial, serta berhasil memenangkan penghargaan 'Disk Daesang' di Golden Disk Awards ke-28 dan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards ke-15. Album ini terjual lebih dari satu juta kopi, menjadikan EXO sebagai musisi Korea dengan penjualan terbanyak dalam kurun waktu 12 tahun terakhir.

Dengan penjualan album studio dan album mini berikutnya yang sangat laris, EXO dinobatkan sebagai selebriti paling berpengaruh oleh Forbes Korea untuk tahun 2014 dan 2015. Kesembilan anggota EXO pun memiliki penggemar sebanyak 201 Ribu fans yang berasal dari China dan Korea.

8. BIA4
B1A4 adalah grup musik yang berbasis di Korea Selatan di bawah label WM Entertainment. Terdidi dari: leader Jinyoung, rapper Baro, vokal utama Sandeul, vokal and sub-rapper CNU, dan vokal Gongchan. Mereka debut pada tahun 2011 dengan merilis album mini berjudul Let's Fly dan dengan singel debut berjudul "OK", track rock dan lagu pop elektronik. Mereka pertama kali diperkenalkan ke publik melalui "webtoon". Mereka telah merilis 1 album studio, 2 EP dan berbagai singel di Korea. BIA4 pun memiliki penggemar sebanyak 190 ribu fans .

9. A-PINK
Apink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatanyang beranggotakan 6 orang di bawah Plan A Entertainment (sebelumnya A Cube Entertainment) yang dibentuk pada tahun 2011. Mereka sangat terkenal dengan imej mereka yang selalu imut di panggung musik, melainkan sangat berbeda dengan kebanyakan girl band Korea Selatan masa kini yang kebanyakan memiliki konsep seksi dan dewasa. Grup ini terdiri dari pemimpin Park Chorong, Yoon Bomi, Jung Eunji, Son Naeun, Kim Namjoo dan maknae Oh Hayoung. Mereka pun disebut pengganti SNSD mengingat A-Pink memiliki 158 ribu fans.

10. Super Junior
Super Junior atau biasa disapa Suju adalah boy band asal Korea Selatan. Dibentuk pada tahun 2005 oleh produser Lee Soo-man dari perusahaan rekaman S.M. Entertainment, grup ini terdiri dari tiga belas member. Super Junior awalnya didebut dengan dua belas member, yang terdiri dari ketua Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook dan Kibum. Kyuhyun bergabung pada tahun 2006.

Mereka pun memiliki 150 ribu penggemar di belahan dunia. Suju pun tengah mempersiapkan album barunya untuk memuaskan fansnya yang sangat menantikan album terbarunya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6864 seconds (0.1#10.140)